Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serangan Balasan Ukraina: Tentara Kyiv Merangsek Maju, Pertempuran Sengit Pecah di Sejumlah Wilayah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2023 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 15 620 2831533 serangan-balasan-ukraina-tentara-kyiv-merangsek-maju-pertempuran-sengit-pecah-di-sejumlah-wilayah-wIGGpVBaoo.jpg Foto: Reuters.
A A A

KYIV – Pertempuran sengit berkecamuk di beberapa bagian Ukraina di saat Kyiv melancarkan serangan balik untuk merebut kembali wilayah-wilayahnya yang dikuasai Rusia. Pasukan Ukraina dilaporkan terus bergerak maju di sejumlah wilayah di bagian timur.

Wakil Menteri Pertahanan Hanna Maliar mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah berhasil maju di dekat Bakhmut di timur dan Zaporizhzhia di selatan. Tetapi dia mengakui pasukan Rusia memasang pertahanan kuat di beberapa daerah.

Dalam posting di Telegram, Maiar mengatakan bahwa "pertempuran yang sangat sengit" berlangsung saat pasukan Ukraina mencoba menerobos garis pertahanan Rusia yang sudah mapan.

Di sisi lain, Rusia telah meningkatkan kampanye pengebomannya terhadap wilayah-wilayah Ukraina dalam beberapa pekan terakhir. Pejabat Ukraina menuduh langkah Rusia ini dilakukan mengalihkan perhatian dari serangan balik Kyiv.

Ukraina mengatakan pasukan mereka telah merebut kembali tujuh permukiman dan setidaknya 90 km persegi (35 mil persegi) sejak memulai serangan balasan mereka. Namun, pengamat memperingatkan bahwa kemajuan ini dibayar Kyiv dengan harga yang “mahal”.

"Pasukan Rusia umumnya memasang pertahanan yang baik dari posisi mereka yang telah dipersiapkan dengan baik, bertahan dan telah mundur di antara garis taktis," kata seorang sumber kepada dikutip BBC.

Follow Berita Okezone di Google News

"'Pendekatan pertahanan manuver' ini terbukti menantang bagi Ukraina dan juga mahal untuk menyerang pasukan. Oleh karena itu, gerak maju saat ini lambat," lanjutnya.

Mereka menambahkan bahwa terlalu dini untuk mengatakan seberapa efektif serangan balik ini dan mengatakan bahwa kerugian besar di pihak Ukraina sulit dihindari, mengingat Rusia memiliki waktu berbulan-bulan untuk mempersiapkan garis pertahanan.

"Apa yang kami lihat bukanlah hal yang tidak terduga. Ini sulit, dan ini akan menjadi tantangan bagi Ukraina. Apa yang telah kami lihat, bagaimanapun, adalah mereka terus maju di mana mereka mengalami kerugian, dan kemudian terus maju. Jadi secara keseluruhan menuju ke arah yang benar,” ungkapnya.

Kedua belah pihak telah melaporkan meningkatnya korban di antara lawan mereka yang tidak dapat diverifikasi secara independen.

1
2
Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini