Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejar Target 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru Tahun Ini, Menparekraf Dorong Ekonomi Kreatif Berbasis Pesantren

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 620 2654366 kejar-target-1-1-juta-lapangan-kerja-baru-tahun-ini-menparekraf-dorong-ekonomi-kreatif-berbasis-pesantren-R0OM9EQDGm.jfif Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)
A A A

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memasang target 1,1 juta lapangan kerja baru tercipta di tahun ini. Salah satu upaya merealisasikan hal tersebut dengan mendorong ekonomi kreatif berbasis pesantren.

Sandi pun menghadiri pameran fotografi santri di pesantren Ruhama Al Fajar, Tajurhalang. Menurutnya, hal ini dapat memotivasi para santri untuk beradaptasi sesuai perkembangan teknologi dalam menciptakan digitalpreuneur berbasis pesantren.

Baca Juga: Nomor Induk Berusaha Bikin Kepercayaan Diri UMKM Meningkat

"Inilah kebangkitan pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren yang menjadi lokomotif dalam penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini. Sehingga diperlukan peluang usaha seperti agro wisata maupun agro farming dengan memberikan fasilitas kamera, studio, dan program pelatihan pendampingan santri digitalpreuneur yang sedang kami jalankan," kata Sandiaga, Kamis (25/8/2022).

Sandiaga mengapresiasi semangat para guru pesantren dalam menghadapi era industri 4.0 yang serba digital. Di antaranya perlu diciptakan terobosan bahwa santri Indonesia mampu memenangkan persaingan global dengan menghasilkan karyanya melalui fotografi.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut UMKM Butuh Informasi Pendanaan yang Efisien dan Mudah

"Saya melihat pesantren ini memiliki pendekatan antara santri dengan para ustadz maupun ustadzah dalam membangun wawasan fotografi mengenai peluang usaha persaingan global dengan menghasilkan karya-karya terbaik," tuturnya.

Awaludin Arif selaku guru foto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertemakan "Carpe Diem" tentang railah segera layaknya seorang fotografer mengambil moment. Tak hanya itu, apresiasi yang diberikan Sandiaga membuat santri dapat memiliki kesempatan yang sama dalam menciptakan peluang usaha.

Follow Berita Okezone di Google News

"Apresiasi yang menarik dari Pak Menteri mengenai seni dan budaya menjadikan semangat bahwa fotografi itu menjadi nilai dimata santri. Ini merupakan sebuah momentum yang menarik artinya peluang-peluang ini para santri dapat memiliki kesempatan yang sama," ucap Awaludin.

Awaludin mengakui santrinya telah mendapatkan tawaran pekerjaan fotografer. Ia pun berharap adanya pameran ini dapat membangkitkan santri digitalpreuneur yang bisa membawa manfaat nyata bagi Indonesia.

"Santri disini sudah ada yang menerima pekerjaan fotografer. Dengan ini saya berharap digitalpreuneur melalui fotografi ini dapat membangkitkan jiwa kewirausaan para santri," ujarnya.

1
2
Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini