Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Pelaut Sedunia, Kemenhub Ingatkan Jaga Kelestarian Laut

Ikhsan Permana, Jurnalis · Senin 26 Juni 2023 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 26 620 2837232 hari-pelaut-sedunia-kemenhub-ingatkan-jaga-kelestarian-laut-6ItqgZhIsm.png Hari Pelaut Sedunia (Foto: Ikhsan/Kemenhub)
A A A

BALI - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Arif Toha mengatakan bahwa pelaut merupakan tulang punggung perekonomian sebuah negara.

"Kita sepakat bahwa pelaut adalah pekerja kunci yang memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian sebuah negara," kata Arif saat memberi sambutan dalam pembukaan kampanye keselamatan pelayaran dalam rangka Hari Pelaut Sedunia 2023 mengangkat tema Oceans Worth Protecting di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, dikutip Senin (26/6/2023).

Arif menjelaskan, tema Oceans Worth Protecting merupakan turunan dari tema Hari Pelaut Sedunia 2023 yang diusung International Maritime Organization (IMO), yaitu Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment. Tema tersebut diangkat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran dan perlindungan maritim di Indonesia.

"Ingat di kita itu masih sering terjadi pencemaran laut terutama di Bintan di sana berbatasan dengan Singapura hampir selalu terjadi tumpahan minyak. Oleh karena itu, saya minta teman-teman yang mengetahui adanya tumpahan minyak segera melaporkan," ucap Arif.

Oleh karena itu, Arif mengajak seluruh pihak mulai dari regulator, operator, dan masyarakat pengguna jasa transportasi laut untuk berperan aktif dalam menjaga perairan dan kelautan.

"Banyak kontribusi yang bisa kita lakukan untuk menjaga laut kita. Pertama dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelayaran. Kedua, berfokus pada perlindungan terhadap anak-anak serta kerjasama dalam mengurangi pencemaran lautan termasuk dari sampah plastik yang menjadi ancaman serius bagi kehidupan laut di Indonesia khususnya," tuturnya.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan Woman in Maritime (WIMA) Indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran dalam rangka Hari Pelaut Sedunia Tahun 2023 pada tanggal 25-26 Juni 2023 di Bali.

"Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk mengapresiasi peran dan kontribusi para pelaut dalam perekonomian nasional dan internasional," kata Arif.

Di sisi lain, Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan Kemenhub meminta para pelaut turut berkontribusi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan laut.

"Ditjen Hubla menyadari pentingnya keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan laut," kata Arif Toha.

Arif mengatakan perayaan Hari Pelaut Sedunia 2023 mengusung tema Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment yang artinya Kontribusi Pelaut dalam Menjaga Lingkungan Laut.

"Tema ini sejalan dengan tema Hari Maritim Sedunia 2023 yaitu 'MARPOL at 50-Komitmen kami terus berlanjut' dan dirayakan dengan kampanye internasional bertajuk Ocean Worth Protecting," ujar Arif.

Follow Berita Okezone di Google News

Ditjen Hubla mengharapkan para pelaut yang menghabiskan sebagian besar waktunya di laut dapat menjadi agen perubahan dalam melindungi dan melestarikan ekosistem laut.

Arif mengatakan laut merupakan jalur perdagangan penting yang menghubungkan negara-negara dan memberikan kemakmuran bagi masyarakat.

"Namun, risiko dan bahaya di laut perlu diminimalkan untuk memastikan keselamatan pelayaran yang berkelanjutan," ujarnya.

Kampanye Ocean Worth Protecting mengajak semua pihak yang terlibat dalam industri pelayaran, mulai dari awak kapal, pengusaha, otoritas maritim hingga masyarakat umum untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keselamatan di laut.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Ditjen Hubla mengajak semua pihak yang terlibat dalam industri perhubungan laut, mulai dari awak kapal, pengusaha, otoritas maritim, hingga masyarakat umum untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keselamatan di laut.

Kampanye Ocean Worth Protecting mendorong peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran, perlindungan anak-anak dan generasi mendatang, serta pengurangan pencemaran laut.

"Salah satu rangkaian kegiatan kampanye yang dilakukan dalam peringatan ini adalah kegiatan Bersih Laut dan Pantai yang telah dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia melibatkan UPT Ditjen Hubla," katanya.

Sebagai negara maritim dengan kekayaan laut yang melimpah, Indonesia menyadari pentingnya menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan maritim. Kegiatan peringatan Hari Pelaut Sedunia ini dijadikan momen berharga untuk menggalang kesadaran dan melibatkan masyarakat serta pelaut dalam menjaga keberlanjutan sumber daya laut.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan pantai dan laut dari sampah plastik serta mempromosikan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan maritim," tambah Arif.

Arif mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan maritim. Kesadaran dan tindakan nyata dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, mengelola sampah dengan bijak, dan memelihara keindahan alam laut akan memberikan dampak positif yang besar bagi masa depan Indonesia yang lebih lestari dan berkelanjutan.

"Kemenhub berkomitmen untuk terus melakukan upaya dan kegiatan yang mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran, serta menjaga kelestarian sumber daya laut. Kita semua memiliki tanggung jawab," tutupnya.

1
2
Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini