Share

Efek Negatif dari Cemburu Berlebihan

Ariesta Asri, Okezone · Minggu 08 Maret 2015 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 08 196 1115399 efek-negatif-dari-cemburu-berlebihan-awlNUnsgB9.jpg Rasa cemburu (Foto:Wisegeek)
A A A

APAKAH Anda sering merasa jengkel karena pasangan terlalu cemburu? Cemburu sebenarnya perasaan yang wajar, namun, hal ini bisa berakibat buruk jika berlebihan.

Cemburu merupakan sebuah respons emosional dalam hubungan, ketika pihak ketiga dipandang sebagai ancaman. Kecemburuan berhubungan dengan rasa iri bahwa Anda mungkin merasa tidak dianggap atau dikucilkan. Kecemburuan dalam asmara juga bisa berarti ungkapan rasa takut kehilangan orang yang disayangi.

Berikut ini merupakan alasan-alasan mengapa Anda sebaiknya meredam perasaan cemburu yagn berlebihan karena ini hanya memberi dampak negatif, seperti dilansir Listdose, Minggu (8/3/2015).

Menyakiti orang yang mencintai Anda

Suatu hal buruk yang terjadi pada Anda akan memengaruhi orang yang mencintai Anda. Jika secara tidak sengaja Anda melakukan kejahatan karena cemburu, hal ini tidak hanya memengaruhi kehidupan Anda, tetapi orang-orang yang dekat dengan Anda juga harus menghadapi anggapan buruk dari masyarakat.

Menghancurkan kehidupan sosial

Kehidupan sosial pada dasarnya adalah waktu yang Anda habiskan dengan orang lain dengan menyisihkan semua ketegangan dan kekhawatiran. Jika Anda membiarkan kecemburuan mengontrol Anda, Anda akan berfokus pada menyingkirkan orang yang membuat cemburu. Tidak ada yang suka berada di sekitar orang-orang yang dilingkupi pikiran negatif seperti ini.

Membuat menderita

Kecemburuan membuat Anda hanya melihat sisi negatif dari segala sesuatu. Efek buruknya, akan merasa tidak berharga, tidak percaya diri, hingga pesimis untuk memulai hal baru. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga emosi di bawah kontrol.

Berefek buruk pada kesehatan

Seperti yang kita ketahui, orang yang cemburu sering kali merasa sedih dan takut. Semua hal ini akan meningkatkan kadar stres yang akhirnya menimbulkan banyak masalah kesehatan seperti penyakit jantung, asma, obesitas, diabetes, sakit kepala, penuaan dini, hingga kematian. Kecemburuan juga menimbulkan depresi dan kecemasan yang akan membuat Anda sakit mental.

Kesepian

Seorang pencemburu berat pada akhirnya akan ditinggal sendirian. Orang yang Anda cintai akan merasa terganggu lalu berpikir bahwa ia bisa mendapatkan yang lebih baik dari Anda.(ndr)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini