Share

101 Manfaat Lemon untuk Kesehatan (I)

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2012 10:27 WIB
$detail['images_title']
Lemon (Foto: Corbis)

DI balik rasa asamnya, lemon memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Tidak saja menjadi pereda flu dan batuk, tapi juga dapat mengatasi penyakit diabetes hingga kanker.

Membicarakan lemon, mungkin Anda langsung terbayang rasa asam yang dihasilkan buah ini. Namun tahukah Anda, bahwa buah lemon ternyata memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut ini paparannya, seperti dilansir Care2.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pembersih usus

Rasa pahit yang khas dari buah lemon memiliki kemampuan untuk meningkatkan gerakan peristaltik atau gerakan memompa di perut yang membantu untuk menghilangkan kotoran di perut. Tambahkan air perasan jeruk nipis dalam minuman hangat Anda dan minum secara rutin setiap pagi.

Kanker

Lemon mengandung 22 senyawa antikanker, termasuk limonene-minyak yang terjadi secara alamiah yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor kanker pada hewan. Lemon juga mengandung zat yang disebut glikosida flavonol yang menghentikan pembelahan sel kanker.

Atasi pilek dan flu

Lemon kaya akan vitamin C dan flavonoid yang bekerja bersama untuk mengatasi serangan virus pilek dan flu.

Netralisir racun

Menyeruput jus lemon segar yang ditambah dengan air di pagi hari dapat menetralisir racun dalam hati Anda.

Kaya gizi

Kandungan gizi dalam lemon begitu banyak, di antaranya vitamin C, asam sitrat, flavonoid, vitamin B kompleks, kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan serat.

Mengembalikan keseimbangan pH tubuh

Lemon yang bersifat asam ketika berinteraksi dengan metabolisme tubuh memiliki efek alkalizing pada cairan tubuh dimana bisa membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh. (ind)

(tty)